25 Mar 2013

Berbagi Pakai Aplikasi pada Jaringan

Selain berbagi dan transfer file pada jaringan Anda dapat juga menggunakannya untuk menyediakan software bagi orang lain di jaringan. ... thumbnail 1 summary

Berbagi Pakai Aplikasi pada Jaringan
Selain berbagi dan transfer file pada jaringan Anda dapat juga menggunakannya untuk menyediakan software bagi orang lain di jaringan. Meskipun tidak semua software dapat berbagi pakai melalui jaringan.
Berbagi paket dapat bekerja dengan baik bila Anda menginstall ke file server dan membiarkan orang mengakses dari workstation milik mereka.



File server adalah komputer sentral yang menyimpan file untuk digunakan bersama oleh banyak orang pada jaringan.

Ada beberapa keunggulan software yang ditempatkan secara sentral.

  • Memudahkan update dan upgrader software. Biasanya hanya satu tempat dimana aplikasi perlu diupdate dan itu adalah salinan software yang terinstal pada server.
  • Software aplikasi tsb dapat digunakan oleh banyak pengguna pada saat yang sama (seperti aplikasi database).
  • Menghemat ruang disk pada komputer individu. Seluruh aplikasi disimpan di file server bukan di komputer milik pengguna.
Bila Anda menyimpan aplikasi pada file server dan mengizinkan pengguna mengakses dari workstation mereka, ini tidak berarti Anda hanya perlu membeli satu lisensi. Anda harus memiliki lisensi software sebagai mana mestinya untuk setiap pengguna, bahkan meski hanya memuat satu salinan ke server. Bila Anda tidak memiliki lisensi untuk setiap pengguna sebgaimana mestinya berarti Anda telah membajak software-mencuri software dari pengembang. Pembajakan software adalah tindakan kriminal.

Memiliki pengguna yang melebihi jumlah yang diizinkan tetap dianggap sebagai pembajakan software.