21 Mar 2013

Menemukan Server Mail Destinasi - MX Record

Ketika Anda hendak mengirim E-mail misalnya ke someone@example.com, Biasanya Anda menyusun pesan dalam client mail Anda, kemudian mengirimk... thumbnail 1 summary
Ketika Anda hendak mengirim E-mail misalnya ke someone@example.com, Biasanya Anda menyusun pesan dalam client mail Anda, kemudian mengirimkannya ke server SMTP Anda atau ISP. Lalu pertanyaannya apa yang dilakukan server berikutnya? Jawaban yang paling logis adalah "membangun koneksi TCP dengan server SMTP tujuan, misalnya example.com untuk mengirim pesan tersebut." Pertanyaan berikutnya adalah "bagaimana server tersebut mengetahui alamat IP server SMTP tujuan tersebut, atau apakah server tujuan tersebut ada? Disinilah DNS MX Record (mail exchange record) digunakan.

Disini server Anda meng-query DNS untuk MX record dari domain name penerima (setelah @) dalam alamat e-mail. Misalnya server Anda melakukan MX lookup untuk "example.com". DNS menyerahkan nama mesin server SMTP untuk example.com. Daftar nama ini dimasukkan dalam basis data server DNS example.com oleh administrator DNS example.com saat DNS-nya dikonfigurasi. Daftar tersebut biasanya berisi satu atau lebih entry seperti terlihat berikut ini:

elisa e% host -t mx example.com

example.com MX 10 mailserver1.example.com

Dari sini Server meng-query DNS untuk alamat IP dari mailserver1.example.com, sbb:

elisa e% host mailserver1.example.com

mailserver1.example.com A 192.0.2.27

Sekarang Server Anda tahu bahwa alamat (192.0.2.27) adalah example.com dan dapat terhubung pada port SMTP (25) untuk mentransmisi pesan tersebut. Ketika pesan telah diterima oleh mailserver1.example.com, maka akan dilewatkan secara internal ke user someone, biasanya oleh POP protocol.
Berikut diagram yang menunjukkan keseluruhan proses tersebut:

proses transmisi e-mail suatu pesan ke someone di situs remote

Sumber:
http://www.aysoft.com/tips/email.htm
http://technet.microsoft.com/en-us/library/cc737236%28v=ws.10%29.aspx


Gambar:
http://i.technet.microsoft.com/dynimg/IC195982.gif