5 Mar 2013

Pantau Jaringan Anda Dengan Aplikasi Cacti

Ketelitian dan pengalaman menemukan masalah dalam memelihara sebuah jaringan mutlak diperlukan. Jika satu node terputus dengan jaringan, ... thumbnail 1 summary
Ketelitian dan pengalaman menemukan masalah dalam memelihara sebuah jaringan mutlak diperlukan. Jika satu node terputus dengan jaringan, kemungkinan penyebabnya bisa bermacam-macam.

Sebagai Administrator Jaringan, Anda dituntut memiliki pemahaman yang mumpuni dalam bidang perawatan hardware dan software jaringan.

Untuk memantau jaringan yang sedang berjalan baik di kantor maupun warnet Anda dapat menggunakan sebuah aplikasi freeware yang tergolong lengkap, Cacti.

Cacti merupakan complete network graphing solution yang di desain dengan memanfaatkan RRD tool untuk data storage dan fungsi graphing. Cacti menyediakan polling yang cepat, template graph yang bagus, multiple data acquisition methods, dan user management yang diperbolehkan untuk mengakses graph / hasil network monitoring.

Aplikasi ini dapat memonitor jaringan :LAN/WAN/Internet, firewall intern, menelusuri route, melihat perangkat dan layanan jaringan, memantau port, memantau semua aplikasi pertukaran data dan lain-lain seperti Kazaa dan Emule, memantau netmeeting dan aplikasi chat seperti ICQ dan Yahoo! Messenger.

Masih banyak lagi fitur-fitur yang tidak dapat disebutkan satu-persatu di sini, yang pasti aplikasi ini adalah salah satu aplikasi freeware terlengkap untuk memantu suatu jaringan.

Bagi Anda yang ingin mencoba aplikasi ini tersedia panduan instalasi Tutorial - Step by Step Instalasi Cacti Pada Centos 6