24 Feb 2014

Memahami Struktur Database, Tabel dan Kolom Pada MySql

Sebelum membuat database, tabel dan memasukan data, ke Mysql System lebih baik kita memahami terlebih dahulu tentang database, tabel, kolom... thumbnail 1 summary
Sebelum membuat database, tabel dan memasukan data, ke Mysql System lebih baik kita memahami terlebih dahulu tentang database, tabel, kolom dan record atau data adalah merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Dalam sebuah database dimungkinkan memiliki banyak tabel, di dalam suatu tabel dimungkinkan adanya banyak kolom, dan setiap kolom akan digunakan untuk menyimpan data.

Di dalam pembuatan suatu basisdata, Anda tidak dapat membuat dengan cara mengacak. Misallnya, dimulai dari kolom saja atau dimulai dari pembuatan tabel. Keempat bagian basisdata tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Untuk lebih mudah memahami tentan database, tabel, kolam dan record dapat digambarkan sebagai berikut:


Hirarki Database dan Tabel
  Gambar di atas merupakan hirarki database dan tabel. Kumpulan dari tabel pasti berada di dalam database, sehingga kumpulan dari tabel dapat kita sebut sebagai database. Sedangkan di dalam tabel kita akan menemukan struktur berikut:

Struktur tabel dan data
Pada gambar di atas, ada sebuah tabel jurusan yang di dalamnya terdapat tiga kolom (KdBuku, JudulBuku, Kategori) dan lima baris data (record). Jadi di dalam tabel, bagian horizontal disebut baris data atau record, sedangkan yang vertikal disebut kolom atau field.