29 Mei 2014

Mengenal Database MySQL

Secara sederhana Database dapat disebut sebagai gudang data. Secara umum, database merupakan kumpulan data atau informasi yang kompleks... thumbnail 1 summary
Secara sederhana Database dapat disebut sebagai gudang data. Secara umum, database merupakan kumpulan data atau informasi yang kompleks, data-data tersebut disusun menjadi beberapa kelompok dengan tipe data yang sejenis (disebut tabel), di mana setiap datanya dapat saling berhubungan satu sama lain atau dapat berdiri sendiri, sehingga mudah diakses.

Program Pengelola Database

Dalam basis data, database dapat kita kelola menggunakan program aplikasi basis data, misalnya: MySQL, Access, PostgreSQL, dan SQL Server.

Aplikasi yang dapat membuat dan mengelola database sering disebut SMBD (Sistem Manajemen Basis Data) atau DBMS (Data Base Manajemen System).

Ada dua perbedaan SMBD (Sistem Manajemen Basis Data) yang sering kita gunakan, yaitu database yang bersifat Stand Alone dan database yang bersifat Database Server. Berikut ini, pengkategoriannya:

Database Server (berjalan client/server):

  • MySQL
  • MsQL
  • PostgreSQL
  • SQL Server
  • Oracle
  • Interbase, dan lain-lain.

Bukan Database Server (berjalan stand alone):

  • Mircrosoft Access
  • Paradox
  • dBase, dan lain-lain.
  • Database Server MySQL

MySQL merupakan database server yang awalnya hanya berjalan pada sistem Unix dan Linux. Seiring berjalannya waktu dan banyaknya peminat yang menggunakan database ini, MySQL merilis versi yang dapat diinstal pada hampir semua platform, termasuk Windows.

Lisensi dari MySQL adalah freeware. Kita dapat mendownload dan menggunakannya tanpa harus membayarnya. Meskipun kita menjual produk menyertakan software MySQL, kita tidak melanggar hak cipta.

Pada buku ini, semua contoh latihan menggunakan MySQL server versi 5.0.x. Anda dapat mendapatkan versi terbaru dari MySQL pada alamat website www.mysql.com.

Sebutan Umum Database Server

Umumnya, orang menyebut database seperti MySQL, PostgreSQL, atau yang lainnya dengan sebutan Database Server saja. Namun, ada beberapa orang yang menyebutnya dengan istilah Database Enggine, Mesin Database, SMBD, DBMS, Back End, ataupun langsung menyebut dengan program database saja. Sebenarnya, beberapa istilah tersebut sama, terserah Anda saja untuk menyebutnya.

Perbedaan MySQL dengan SQL

Mungkin bagi Anda yang baru pertama dengan MySQL akan bingung dengan dua kata "SQL" dan "MySQL". Pertanyaan yang mungkin muncul adalah, ini satu atau dua bentuk aplikasi? Yah... saya bisa memaklumi munculnya pertanyaan tersebut, sama dengan yang ada di benak saya pada saat mulai mengenal MySQL.

Bagi Anda yang sebelumnya sudah pernah belajar atau sudah pernah membaca buku basis data, mungkin Anda akan mendapatkan pembahasan khusus mengenai SQL pada bagian akhir buku tersebut. Apakah SQL itu sebenarnya, dan apa bedanya dengan MySQL itu sendiri?

Baiklah, SQL merupakan kependekan dari kata "Structured Query Language". SQL merupakan suatu bahasa permintaan yang terstruktur. Kenapa terstruktur? Karena pada penggunaannya, SQL memiliki beberapa aturan yang telah distandarkan oleh asosiasi yang bernama ANSI.

Jadi, SQL adalah bahasa permintaan yang melekat pada satu database atau SMBD tertentu, sedangkan MySQL merupakan database server-nya. Dengan kata lain, MySQL merupakan SMBD-nya dan SQL adalah perintah atau bahasa yang melekat di dalam SMBD tersebut.

Sebagai suatu bahasa permintaan, SQL tidak hanya melekat pada MySQL server saja, tetapi juga didukung oleh SMBD lainnya seperti MsQL, PostgreSQL, Interbase, dan Oracle. Selain itu, SQL juga didukung oleh database bukan server seperti MS Access maupun Paradox.