24 Agt 2016

Manajemen Jurnal Open Journal System

Manajemen jurnal terbagi menjadi 3 (tiga) bagian besar yaitu Manajemen, Pengguna, dan Peran. Bagian Manajemen berisikan menu-menu untuk m... thumbnail 1 summary
Manajemen Jurnal Open Journal System
Manajemen jurnal terbagi menjadi 3 (tiga) bagian besar yaitu Manajemen, Pengguna, dan Peran.
Bagian Manajemen berisikan menu-menu untuk mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan jurnal, seperti :
  1. Berkas Penelusuran: menu untuk membantu penelusuran berkasberkas dalam system IOJS. Berkas-berkas tersebut terdiri dari berkas articles dan issues.
  2. Bagian Jurnal: menu untuk membuat bagian-bagian jurnal yang akan ditampilkan dihalaman muka jurnal.
  3. Form Review: menu untuk membuat formulir review yang akan menjadi acuan reviewer (mitra bestari) dalam proses review.
  4. Bahasa: menu untuk mengatur locale yang akan digunakan dalam situs jurnal, baik locale utama ataupun locale pendukung.
  5. Dewan Redaksi: menu untuk membuat daftar dewan redaksi yang akan ditampilkan di halaman Tentang Kami.
  6. Email yang Disiapkan: menu untuk mengatur email-email yang telah disiapkan system sebagai notifikasi untuk para pengguna.
  7. Alat Membaca: menu untuk mengatur item yang terkait dengan disiplin ilmu jurnal.
  8. Setup: menu untuk mengatur informasi, kebijakan, penyerahan, dan tampilan jurnal.
  9. Pembayaran: menu untuk mengatur system pembayaran untuk akses ke dalam jurnal.
  10. Sistem Plugin: menu untuk mengatur plugin-plugin yang terinstal dalam system IOJS.
  11. Impor/Ekspor Data: menu yang berisi plugin untuk membantu proses impor dan ekspor data.
Halaman Utama Manajemen Jurnal OJS
Halaman Utama Manajemen Jurnal OJS

Bagian Pengguna berisi menu-menu untuk mengatur pendaftaran pengguna dan peran mereka, seperti :
  1. Pengguna yang Terdaftar: menu untuk melihat daftar pengguna yang terdaftar dalam jurnal.
  2. Daftarkan Pengguna Situs ini di Jurnal: menu untuk mendaftarkan peran pada pengguna yang terdaftar di jurnal dan belum memiliki peran.
  3. Tampilkan Pengguna Tanpa Peran: menu untuk menampilkan daftar pengguna yang telah terdaftar dalam jurnal namun belum memiliki peran.
  4. Buat Pengguna Baru: menu untuk mendaftarkan pengguna baru kedalam jurnal.
  5. Gabungkan Pengguna; menu untuk menggabungkan pengguna yang memiliki lebih dari 1 (satu) akun menjadi 1 (satu) akun dengan 1 (satu) peran.

Bagian Peran berisikan menu-menu untuk menampilkan daftar pengguna untuk masing-masing peran, seperti:
  1. Manajer Jurnal; menu untuk menampilkan daftar pengguna yang berperan sebagai Manajer jurnal. Manajer Jurnal bertanggung jawab terhadap jurnal secara keseluruhan. Pengaturan dalam sistem IOJS menjadi tanggung jawab Manajer Jurnal. 
  2. Editor; menu untuk menampilkan daftar pengguna yang berperan sebagai editor (penyunting). Tugas Editor memeriksa naskah yang diterima, kemudian mendistribusikan ke Editor Bagian. 
  3. Editor Bagian; menu untuk menampilkan daftar pengguna yang berperan sebagai editor bagian (penyunting bagian). Tugas Editor Bagian menentukan Reviewer sesuai dengan kompetensi terhadap naskah yang diterima. Editor Bagian harus mengetahui secara pasti kompetensi Reviewer untuk naskah yang akan di-review. 
  4. Editor Layout; menu untuk menampilkan daftar pengguna yang berperan sebagai editor layout (penyunting tata letak). Tugas Editor Layout mempersiapkan naskah yang sudah direvisi oleh penulis dalam format Galley. 
  5. Copy Editor; menu untuk menampilkan daftar pengguna yang berperan sebagai copy editor (penyunting kopi). Tugas Copy Editor memeriksa naskah untuk pertama kali. 
  6. Proofreader; menu untuk menampilkan daftar pengguna yang berperan sebagai proofreader. Tugas Proofreader memeriksa dan memberi komentar terhadap naskah yang sudah final sebelum diterbitkan. 
  7. Reviewer; menu untuk menampilkan daftar pengguna yang berperan sebagai reviewer (mitra bestari). Tugas Reviewer memeriksa naskah yang diterima sesuai kompetensi yang dimiliki. 
  8. Penulis; menu untuk menampilkan daftar pengguna yang berperan sebagai penulis. 
  9. Pembaca; menu untuk menampilkan daftar pengguna yang berperan sebagai pembaca. 
  10. Manajer Langganan; menu untuk menampilkan daftar pengguna yang berperan sebagai manajer langganan. 

Manajemen

Dalam implementasinya, manajemen jurnal tidak berurutan seperti struktur menu di bagian manajemen. Tahapan manajemen jurnal dalam implementasinya berawal dari setup jurnal, menentukan bahasa situs jurnal, membuat formulir review, membuat bagian jurnal, cara singkat menerbitkan naskah, membuat dewan redaksi, membuat statistik dan laporan. Sedangkan menu lainnya seperti email yang disiapkan, alat membaca, berkas penelusuran, system plugin dan impor/ekspor data tidak saling berhubungan sama sekali dan dapat dijelaskan dengan urutan yang tidak berurutan.

1. Setup Jurnal

Setup jurnal secara otomatis akan tampil setelah jurnal berhasil dibuat. Setup jurnal sendiri terdiri dari 5 (lima) tahapan yaitu detail jurnal, kebijakan, penyerahan naskah, manajemen dan tampilan.
Manajemen Jurnal Open Journal System
Halaman Setup Jurnal

a. Detail

Setiap Jurnal sudah dipastikan memiliki informasi secara detail, seperti nama jurnal, nomor ISSN, alamat surat menyurat, nama kontak utama,nomor telepon, nomor faksimili, email, dan informasi lainnya. Informasi umum secara detail dapat diatur guna mengidentifikasi jurnal yang satu dengan yang lainnya sehingga pembaca maupun penulis tidak salah dalam mengirimkan naskahnya.
Manajemen Jurnal Open Journal System
Halaman Setup Detail Jurnal
  1. Informasi yang diisi di dalam proses detail antara lain adalah informasi jurnal seperti Nama Jurnal yang diisi dengan nama panjang jurnal, Insial Jurnal yang diisi dengan nama populer jurnal dan Singkatan Jurnal yang diisi dengan singkatan dari nama jurnal.
  2. Informasi jurnal lainnya adalah ISSN jurnal, terdiri dari 2 (dua) kolom yaitu ISSN Cetak yang diisi dengan no ISSN jurnal versi cetak,dan ISSN Online yang diisi dengan nomor ISSN jurnal versi online. Masukkan Alamat kantor redaksi atau sekretariat redaksi sebagai informasi Alamat Surat Menyurat via POS.
  3. Masukkan Kontak Pengelola Utama jurnal yang dapat diisi dengan redaktur utama, redaktur pelaksana, staf administrasi.
  4. Masukkan Kontak Pengelola/Pelaksana Teknis jurnal atau helpdesk jurnal. Kontak ini merupakan orang yang setiap harinya standby untuk menjawab masalah teknis apapun mengenai jurnal.
  5. Sertakan signature jurnal yang akan ditampilkan sebagai footnote disetiap email yang dikirimkan oleh jurnal, signature dapat didesain sendiri oleh Manajer jurnal, atau dapat juga mengikuti desain default dari IOJS.
  6. Jika server mail mati dan tidak bisa mengirim ataupun menerima email, masukkan alamat email alternatif untuk mengantisipasi keadaan tersebut pada kolom Bounce Address .
  7. Masukkan nama Instansi/Perusahaan/Organisasi/Himpuna Profesi diluar pengelola jurnal yang berkontribusi terhadap jurnal, seperti Nama Penerbit, Sponsor dan Kontributor.
  8. Masukkan Metadata jurnal, yang akan tampil di coding aplikasi dengan format html. Metadata berfungsi untuk mingindeks data-data dalam jurnal yang akan memudahkan aplikasi harvester seperti google untuk meng-harvest jurnal.
  9. Masukkan informasi mengenai Sejarah jurnal yang berisi evolusi jurnal dari awal sampai saat ini.
  10. Klik tombol Simpan dan lanjutkan untuk meneruskan setup jurnal ke proses selanjutnya.

b. Kebijakan

Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal harus diatur sedemikian rupa agar Penulis, Pembaca, dan Pustakawan dapat mengetahui kebijakan yang diatur. Setiap aturan maupun kebijakan dalam pengelolaan jurnal harus dirumuskan secara jelas sehingga tidak membingkungkan bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan jurnal tersebut.Setiap kebijakan dalam pengelolaan sebuah jurnal sudah pasti berbeda beda. Sebagai contoh, batas waktu untuk melakukan review terhadap naskah bisa diatur dalam 5 hari. Sedangkan pada jurnal lain mengatur batas akhir review selama 4 hari saja. Semua kebijakan disesuaikan dengan pengelola jurnal tersebut.
Halaman Setup Kebijakan Jurnal

  1. Kebijakan pertama yang harus dimasukkan adalah mengenai Fokus dan Ruang Lingkup Jurnal. Kebijakan di fokus dan ruang lingkup jurnal dimaksudkan untuk menginformasikan Penulis, Pembaca dan Pustakawan tentang jangkauan bidang penelitian yang dibahas dalam jurnal.
  2. Masukkan Kebijakan Review yang dapat berisi garis besar kebijakan dan proses peer review jurnal sebagai informasi untuk Penulis,Pembaca dan Reviewer.
  3. Masukkan Petunjuk Review yang berisi tentang kriteria untuk menilai kepantasan naskah yang dapat diterbitkan jurnal dan instruksi review yang efektif untuk reviewer.
  4. Terdapat 2 (dua) pilihan Proses Review, yaitu Proses Review Standar yaitu editor mengirimkan email ke reviewer sebagai undangan untuk me-review artikel dan menyertakan alamat login kedalam jurnal. Pilihan kedua adalah Proses Review Email-Attachment yaitu editor mengirimkan email ke reviewer sebagai undangan untuk me-review dan melampirkan artikel yang akan direview dalam email.
  5. Masukkan Waktu Review, waktu review ini adalah lamanya waktu yang diberikan kepada reviewer untuk melakukan review terhadap artikel yang dikirimkan.
  6. Konfigurasikan Pengingat Review yang merupakan email pengingat otomatis yang akan dikirim melalui mail server ke email reviewer untuk memperingatkan bahwa batas waktu untuk merespon ataupun batas waktu pengerjaan review hampir berakhir. IOJS secara default mengatur email pengingat otomatis ini dikirimkan 5 hari sebelum batas waktu jika review belum merespon kesediaannya untuk mereview artikel yang dikirimkan, dan IOJS secara default akan mengatur email pengingat otomatis ini dikirimkan pada hari H atau 0 hari sebelum batas waktu pengumpulan artikel. Kedua konfigurasi email pengingat otomatis.
  7. Rating Review merupakan 5 (lima) skala kualitas reviewer setiap kali me-review artikel, rating ini ditentukkan oleh editor
  8. Terdapat 2 (dua) pilihan cara Akses Review ke artikel yang akan direview, pilihan pertama Memberi Akses One-Click Review, pada pilihan ini link unduh artikel disertakan pada email undangan review yang dikirimkan editor ke reviewer, untuk dapat mengunduh artikel tersebut reviewer diharuskan login terlebih dahulu. Sedangkan pada pilihan kedua, terlebih dahulu reviewer harus menyetujui untuk mereview artikel, kemudian setelah reviewer login kedalam jurnal, akan muncul link unduh artikel.
  9. Dengan mengaktifkan review anonim, nama penulis akan dihilangkan sementara saat proses review, dan nama reviewer tidak akan ditampilkan ke penulis, untuk menciptakan kualitas hasil review karena baik reviewer maupun penulis tidak saling mengetahui.
  10. Masukkan Pernyataan Privasi untuk menginformasikan keseluruh pengguna bahwa akun mereka akan dijaga kerahasiaannya dan hanya digunakan untuk kepentingan jurnal dan bukan yang lain.
  11. Dalam Keputusan EditorsSertakan alamat email penulis pembantu di email beritahu penulis.
  12. Tambahkan Bagian di Tentang Jurnal jika ada bagian yang perlu ditambahkan. Untuk menambahkan bagian tersebut masukkan nama bagian dan isinya. Untuk menambahkan bagian jurnal lebih dari 1(satu) klik tombol Tambah Bagian.
  13. Aktifkan Pengarsipan dan Pendistribusian LOCKSS ke institusi yang berkontribusi dalam LOCKSS. Untuk melakukan proses ini,tentukan terlebih dahulu institusi-institusi yang berkontribusi,kemudian kirimi email undangan/pemberitahuan, setelah itu aktifkan LOCKSS untuk mengarsipkan dan mendistribusikan jurnal.
  14. Sertakan Database Potensial Review saat proses pemilihan reviewer. Dengan disertakannya database ini, editor diberi kemudahan untuk mengundang reviewer yang tercatat dalam database untuk ikut mereview dalam jurnal. Untuk menyertakan database dalam proses pemilihan reviewer, masukkan Judul database dan URL database. Untuk memasukkan lebih dari 1 (satu) database, klik tombol Tambahkan Link Database Baru.
  15. Klik tombol Simpan dan Lanjutkan untuk meyimpan konfigurasi dan melanjutkan kelangkah berikutnya dalam setup jurnal.

c. Penyerahan Naskah

Adakalanya Penulis akan mengirimkan naskah ke jurnal yang diinginkan namun tidak mengetahui tata cara dan kebijakan yang diterapkan dalam jurnal tersebut. Untuk memudahkan Penulis ketika akan mengirimkan naskahnya, sebaiknya mencantumkan peraturan dalam penyerahan naskah.
Manajemen Jurnal Open Journal System
Halanan Penyerahan Naskah


  1. Masukkan Petunjuk Untuk Penulis sebagai informasi yang dapat membantu penulis dalam menyesuaikan kelayakan naskah sesuai dengan peraturan dalam jurnal.
  2. Masukkan seluruh aturan gaya selingkung yang diterapkan dalam jurnal pada kolom-kolom Persiapan Penyerahan. Tambahkan kolom sesuai dengan banyaknya poin aturan gaya selingkung dengan mengklik tombol Tambahkan Checklist Item.
  3. Tentukan kebijakan mengenai Hak Cipta untuk penulis, baik untuk jurnal hak memberikan akses terbuka, memberikan akses terbuka yang tertunda ataupun tidak memberikan akses terbuka. Aktifkan Pemberitahuan Kebijakan Hak Cipta pada proses penyerahan naskah dan izinkan penulis untuk menyetujuinya. Dan aktifkan Hak Cipta dengan lisensi Creative Commons untuk jurnal yang memberikan akses terbuka baik dan pra akses terbuka.
  4. Masukkan Petunjuk Untuk Minat Review pada penelitian yang dilakukan oleh Penulis dan Reviewer. Aktifkan Penulis dan Reviewer mengarsipkan minat review dengan mencentrang check box.
  5. Konfigurasikan metadata-metadata yang harus diisi oleh Penulis untuk mempermudah mengindeks metadata naskah mereka.Metadata-metadata yang disediakan dalam IOJS adalah Disiplin dan Sub Disiplin Ilmu, Subjek, Kata Kunci, Cakupan, Tipe (Metode/Pendekatan). Untuk mengaktifkan metadata-metadata tersebut Manajer jurnal cukup mencentrang check box dan memasukkan contoh isi dari metadata untuk membantu penulis menentukan isi dari metadata naskah mereka.
  6. Daftarkan metadata jurnal ke protokol OAI Internasional dengan mengklik link Pendaftaran ke Open Archives.
  7. Klik tombol Simpan dan lanjutkan untuk meneruskan setup jurnal ke proses selanjutnya.

d. Manajemen

Dalam sebuah jurnal, perlu dipikirkan masalah frekuensi untuk tiap terbitan. Hal ini sangat penting untuk keberlanjutan sebuah jurnal agar tetap eksis. Selain itu, cara mendapatkan artikel dalam sebuah jurnal harus pula ditentukan sejak awal. Ada tiga pendekatan untuk mengelola jurnal yaitu: akses terbuka, akses terbuka tertunda, dan akses tertutup.Akses terbuka: mengizinkan seluruh pengguna jurnal untuk mengakses abstrak sampai full text setiap artikel di jurnal. Dan siapapun dapat mengirimkan naskah ke jurnal tersebut. Akses terbuka tertunda: hamper sama dengan Akses terbuka, namun ditambahkan penjadwalan tertentu (pending). Sedangkan Akses tertutup: khusus untuk anggota atau harus mendaftar terlebih dulu jika ingin memperoleh artikel atau mengirimkan naskah. Untuk jelasnya, silakan ikuti petunjuk berikut ini:
Manajemen Jurnal Open Journal System
Halaman setup manajemen jurnal
  1. Jika ingin mengaktifkan Akses Terbuka, pilih option Jurnal akan menyediakan akses terbuka ke dalam konten terbuka.
  2. Konsep dari tipe pra akses terbuka sama seperti tipe akses terbuka hanya saja pengguna harus berlangganan jurnal terlebih dahulu dan diharuskan login sebelum mengakses abstrak dan full text setiap artikel. Untuk mengaktifkan tipe akses ini, pilih option Jurnal akan mensyaratkan langganan untuk mengakses beberapa atau semua konten jurnal.
  3. Tipe akses tertutup adalah menutup akses seluruh pengguna kedalam konten jurnal jurnal. Untuk mengaktifkan tipe akses ini, pilih option Sistem Jurnal ini tidak menerbitkan konten jurnal secara online.
  4. Batasi akses pengguna ke dalam artikel dan situs tambahan, centrang check box Pengguna harus didaftarkan dan login untuk melihat situs jurnal untuk mengharuskan pengguna terdaftar dalam jurnal dan login terlebih dahulu setiap kali akses ke jurnal. Centrang check box Pengguna harus didaftarkan dan login untuk melihat konten open source untuk mengharuskan pengguna terdaftar dalam jurnal dan login terlebih dahulu setiap kali akses ke konten jurnal.
  5. Terdapat 2 (dua) tipe pendaftaran peran pengguna, pilihan pertama pengguna dapat mendaftarkan dirinya sendiri sebagai Pembaca,Penulis, dan Reviewer, sedangkan pilihan kedua hanya Manajer jurnal yang dapat mendaftarkan peran pengguna.
  6. Untuk proses audit data jurnal, IOJS menyediakan fasilitas untuk menyimpan log baik log email maupun seluruh kegiatan dalam jurnal. Untuk mengaktifkan fasilitas simpan log ini, centrang check box yang ada di Proses Login dan Audit.
  7. Tentukan Kebijakan Jadwal Penerbitan dengan mendeklarasikan jadwal penerbitan jurnal di kolom Jadwal Penerbitan.
  8. Kemudian aktifkan format untuk terbitan, seperti Volume, Nomor,Tahun dan Judul.
  9. Selanjutnya masukkan jadwal awal terbitan, juga terbitan per volume dan volume per tahun.
  10. Aktifkan Pengidentifikasian Unik dengan menngunakan Custom Identifier (CI) untuk membantu pembuatan akhiran DOI yang diatur sebelumnya pada langkah pertama setup jurnal. Fasilitas CI yang diberikan IOJS adalah untuk mengidentifikasi Terbitan, Item yang diterbitkan, Galley dan File tambahan.
  11. Centrang Nomor Halaman untuk memunculkan kolom masukkan nomor halaman pada form penyerahan naskah untuk setiap artikel yang diserahkan.
  12. Buat menu Pengumuman di menu utama jurnal dan atur banyaknya pengumuman yang akan tampil dihalaman depan jurnal dan jika dibutuhkan, masukkan informasi tambahan tentang pengumuman dikolom Informasi Tambahan
  13. Klik tombol Simpan dan Lanjutkan untuk melanjutkan setup jurnal ke langkah berikutnya.

e. Tampilan

Langkah kelima sekaligus terakhir dalam setup jurnal adalah pengaturan tampilan jurnal, seperti header, homepage, footer , menu utama dan menu-menu pendukung jurnal.
Manajemen Jurnal Open Journal System
Halaman Setup tampilan jurnal

  1. Pertama-tama adalah mengatur Header jurnal. Komponen header jurnal dalam IOJS adalah header, logo dan favicon. Header jurnal dapat diisi dengan nama jurnal yang dimasukkan ke kolom Nama Jurnal di Header Halaman Jurnal atau dapat diisi dengan Gambar header yang diunggah ke dalam kolom Gambar.
  2. Logo Jurnal diunggah ke dalam kolom Gambar Logo. Logo ini akan muncul disamping header jurnal. 
  3. Favicon jurnal diunggah ke dalam kolom Gambar 3.Logo. Favicon ini akan muncul di tab browser jurnal
  4. Pengaturan kedua adalah mengatur Homepage jurnal. Komponen dalam homepage jurnal antara lain deskripsi jurnal, Gambar sampul jurnal, dan daftar isi terbitan terkini yang dapat ditampilkan di homepage jurnal. Deskripsi jurnal berisi deskripsi mengenai jurnal, dimasukkan kedalam kolom Deskripsi Jurnal di Konten Homepage Jurnal.
  5. Gambar Sampul Jurnal akan ditampilkan ditengah halaman homepage. Unggah Gambar sampul jurnal ke dalam kolom Gambar Homepage.
  6. Tampilkan daftar isi terbitan terkini di halaman homepage jurnal dengan mencentrang checkbox di Terbitan Terkini.
  7. Pengaturan ketiga adalah pengaturan Footer jurnal. Masukkan footer jurnal ke dalam kolom Footer Halaman Jurnal.
  8. Pengaturan keempat adalah pengaturan menu utama di halaman jurnal. Manajer jurnal dapat menambahkan menu di menu utama dengan memasukkan Nama Menu dan URL untuk menuju ke halaman utama menu tersebut, jika menu yang ingin ditambahkan lebih dari 1 (satu), klik tombol Tambahkan Item untuk menambah
  9. form Navigasi
  10. Pengaturan kelima adalah pengaturan Layout Jurnal. Manajer jurnal dapat mengatur tata letak menu-menu yang akan ditampilkan dimana saja.
  11. Masukkan Informasi untuk Pembaca, Penulis dan Pustakawan untuk menarik minat mereka untuk berkontribusi ke dalam jurnal.Informasi ini akan tampil sebagai menu tambahan di sisi kanan halaman jurnal.
  12. Pengaturan terakhir adalah pengaturan jumlah dari daftar di halaman jurnal. Daftar ini dapat berupa apa saja, seperti daftar isi, daftar arsip,dan lain sebagainya. Masukkan jumlah daftar perhalaman di kolom Item per halaman, dan masukkan jumlah link perhalaman di kolom Link halaman
  13. Klik tombol Simpan dan Lanjutkan. Dengan begitu selesai pula proses setup jurnal.

2. Bahasa 

Sebelum masuk kedalam proses manajemen jurnal selanjutnya, sebaiknya konfigurasikan bahasa situs jurnal terlebih dahulu. IOJS yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai locale utama situs, juga mendukung berbagai  bahasa lainnya atau multi language, dukungan ini sangat bermanfaat bagi pengguna situs yang berasal dari berbagai macam negara didunia yang masing-masing bahasanya berbeda-beda. Saat penginstalan IOJS terdapat daftar bahasa yang dapat dipilih sebagai bahasa pendukung sistem, bahasa-bahasa yang terpilih akan muncul dalam menu Bahasa baik dalam manajemen situs maupun manajemen jurnal.
Manajemen Jurnal Open Journal System
Menu mengatur Bahasa untuk jurnal

  1. Untuk masuk ke halaman Bahasa, Manajer jurnal harus memilih Bahasa yang terdapat dalam halaman Manajemen Jurnal. 
  2. Pilih bahasa utama situs jurnal di menu drop down Locale Utama. 
  3. Pilih locale pendukung yang akan dijadikan alternatif locale disitus jurnal, centrang UI dimasing-masing locale pendukung jika locale tersebut akan tampil di sistem, centrang Naskah dimasing-masing locale pendukung jika bahasa tersebut akan tampil di menu-menu naskah, dan centrang Form di masing-masing locale pendukung jika locale tersebut akan tampil di menu-menu form. 
  4. Pilih Reload Default untuk mereset konfigurasi yang telah dibuat dan kembali kepengaturan awal. 
  5. Klik tombol Simpan untuk menyimpan pengaturan tersebut, atau klik tombol Batal untuk membatalkan pengaturan 


3. Form Review 

Form review adalah formulir yang dijadikan referensi/acuan reviewer dalam proses peer review. 
Manajemen Jurnal Open Journal System
Menu Form Review Jurnal
  1. Untuk membuat form review, Manajer jurnal harus masuk kedalam. Form Review yang terdapat di halaman Manajemen Jurnal. 
  2. Dalam halaman Form Review pilih Buat Form Review untuk membuat form review baru 
  3. Masukkan nama dari form review yang akan dibuat dikolom judul. 
  4. Masukkan acuan-acuan review yang ingin dibuat dalam kolom editor Deskripsi dan Instruksi. 
  5. Jika ingin membuat form review yang dapat langsung diisi oleh reviewer, pembuatannya harus menggunakan koding html dan sebaiknya dibuat oleh orang yang paham bahasa pemrograman html. Untuk membuka editor html, klik ikon html yang terletak dimenu bawah kolom editor. 
  6. Masukkan kodingan html kedalam editor html, jika telah selesai klik tombol update yang dimenu bawah kolom editor. 
  7. Klik tombol Simpan untuk menyimpan form review tersebut, atau klik tombol Batal untuk membatalkan pembuatan form review. 

4. Bagian Jurnal 

Suatu jurnal bisa terdiri dari beberapa bagian seperti artikel, laporan penelitian, analisis dan lain sebagainya, IOJS memberikan fasilitas untuk membuat bagian-bagian jurnal dalam manajemen jurnal. 
Manajemen Jurnal Open Journal System
Menu mengatur Bagian Jurnal
  1. Untuk membuat bagian jurnal baru, Manajer jurnal harus masuk kedalam halaman Manajemen Jurnal kemudian pilih Bagian Jurnal. 
  2. Dalam halaman Bagian Jurnal, pilih Buat Bagian. 
  3. Masukkan Nama dan Singkatan nama bagian, kemudian masukkan kebijakan mengenai bagian tersebut dalam kolom Kebijakan Bagian. 
  4. Pilih form review untuk referensi reviewer jika naskah yang masuk ke bagian yang dibuat membutuhkan peer review, namun jika tidak pilih Tidak ada form review. 
  5. Centrang check box Tidak akan di peer-review jika naskah yang masuk ke bagian yang dibuat tidak memerlukan proses peer-review. 
  6. Centrang check box Tidak membutuhkan abstrak jika naskah yang masuk ke bagian yang dibuat tidak perlu menampilkan abstrak 
  7. Centrang check box Tidak akan dimasukkan ke dalam pengindeksan jurnal jika metadata naskah yang masuk ke bagian yang dibuat tidak diindeks oleh jurnal. 
  8. Masukkan indentifikasi naskah yang masuk kedalam bagian jurnal yang dibuat dalam kolom Indentifikasi. 
  9. Centrang check box Pembatasan jika naskah yang masuk ke bagian yang dibuat hanya dapat di submit oleh editor ataupun editor bagian 
  10. Batasi limit karakter dari abstrak setiap naskah yang masuk ke bagian jurnal yang dibuat, jika tidak memerlukan pembatasan limit abstrak, maka ketikkan angka 0 (nol) pada kolom Hitung Kata. 
  11. Centrang check box Hilangkan judul bagian dari daftar isi terbitan jika bagian yang dibuat tidak akan ditampilkan dalam daftar isi terbitan. 
  12. Centrang check box Hilangkan nama penulis untuk item bagian dari daftar isi terbitan jika tidak perlu mencantumkan nama penulis naskah yang masuk ke bagian yang dibuat dalam daftar isi terbitan. 
  13. Centrang check box Hilangkan bagian ini dari Tentang Kami jika bagian yang dibuat tidak perlu ditampilkan pada halaman Tentang Kami. 
  14. Terdapat daftar nama-nama editor bagian yang bekerja dalam jurnal di Editor Bagian yang tersedia, pilih editor-editor bagian yang akan bertanggung jawab pada bagian jurnal yang dibuat dengan mencentrang check box disebelah nama masing-masing editor bagian. Maka editor-editor bagian yang terpilih tersebut akan muncul dalam daftar Editor Bagian ini. 
  15. Setelah seluruh konfigurasi selesai, klik tombol Simpan untuk menyimpan konfigurasi bagian baru, atau klik tombol Batal untuk membatalkan konfigurasi bagian baru. 

5. Cara Singkat Menerbitkan Naskah 

Langkah selanjutnya dalam manajemen jurnal adalah memasukkan artikel-artikel baik yang terdahulu, terkini ataupun yang akan dating tanpa mengikuti standar proses penerbitan IOJS. Cara ini sangat berguna untuk memasukkan artikel-artikel terdahulu/back issue untuk proses pengarsipan, baik artikel tersebut akan diterbitkan ataupun tidak.
  1. Untuk memasukkan artikel dengan cara singkat, terlebih dahulu Editor telah membuat penjadwalan isu. Cara pembuatan isu akan dijelaskan lebih lanjut pada di proses Penerbitan Naskah. 
  2. Setelah isu-isu dibuat, Manajer jurnal masuk kedalam halaman Manajemen Jurnal. Pilih menu Impor/Ekpor Data yang terdapat dibagian Halaman Manajemen.
    Manajemen Jurnal Open Journal System
    Menu Import/Eksport Data
  3. Pada halaman Impor/Ekspor Data terdapat beberapa plugin untuk membantu proses impor dan ekpor data dari luar/kedalam IOJS. 
  4. Pilih Plugin QuickSubmit yang merupakan plugin untuk membantu proses memasukkan artikel. 
  5. Terdapat 2 (dua) pilihan dalam Tujuan Penyerahan, pilih Biarkan Tidak Diterbitkan, jika artikel hanya akan disimpan dalam database IOJS dan tidak ditampilkan di isu apapun dalam jurnal. Pilih Tambah pada isu yang sudah ada, jika artikel ingin diterbitkan pada isu-isu yang telah dibuat sebelumnya oleh editor. 
  6. Tentukan tanggal terbitan artikel pada kolom Terpublikasikan. 
  7. Setelah jadwal dan isu penerbitan artikel telah ditentukan, unggah artikel di kolom Unggah File Penyerahan. Klik tombol Choose File untuk membuka media penyimpanan. 
  8. Akan muncul jendela file browser , kemudian pilih artikel yang akan diunggah, kemudian klik tombol Open. 
  9. Setelah artikel berhasil ditemukan, klik tombol unggah, untuk mengunggah artikel kedalam jurnal. 
  10. Artikel yang berhasil terunggah akan muncul pada bagian File Penyerahan. Periksa kembali nama, ukuran file, dan tanggal pengunggahan artikel untuk memastikan artikel yang diunggah adalah benar. 
  11. Jika artikel yang diunggah ternyata salah, artikel dapat diganti. Proses penggantian hampir sama dengan proses pengunggahan artikel sebelumnya, hanya saja kolom pengunggahannya berbeda yaitu pada kolom Gantikan File Penyerahan 
  12. Setelah proses pengunggahan artikel yang akan diterbitkan berhasil, maka masukkan metadata penulis artikel. Jangan biarkan kolomkolom yang bertanda bintang (*) kosong, sedangkan kolom-kolom yang tidak bertanda bintang (*) boleh dibiarkan kosong. 
  13. Jika terdapat lebih dari 1 (satu) penulis pada artikel tersebut, klik tombol Tambah Penulis untuk menampilkan form pengisian metadata penulis seperti form metadata penulis sebelumnya. Lakukan langkah ini sesuai dengan banyaknya penulis yang berkontribusi pada artikel. 
  14. Jika artikel terdiri dari beberapa penulis, urutkan nama penulis berdasarkan besarnya kontribusi penulis dalam penulisan artikel tersebut dengan mengklik tombol keatas dan sesuai dengan urutan penulis. 
  15. Klik option Kontak Utama untuk Korespondensi Editorial untuk menentukan penulis yang akan bertanggung jawab sebagai Kontak Utama untuk korespondensial Editorial. 
  16. Klik tombol Hapus Penulis, untuk menghapus penulis dalam daftar penulis artikel. 
  17. Metadata selanjutnya yang harus dimasukkan adalah metadata artikel. Masukkan Judul naskah dikolom Naskah. Abstrak yang dimasukkan dapat yang berbahasa Indonesia, berbahasa Inggris ataupun keduanya. 
  18. Masukkan nama lembaga yang berkontribusi atau membantu dalam pembuatan artikel pada kolom Lembaga Pendukung. Namun jika tidak ada lembaga pendukung dalam pembuatan artikel, kolom ini dapat dibiarkan kosong. 
  19. Jika ingin memasukkan artikel selanjutnya, klik tombol Simpan dan Buat yang lain, maka akan muncul kembali halaman penerbitan artikel ini, namun jika telah selesai dan ingin kembali ke halaman manajemen jurnal, klik tombol Simpan dan lanjutkan.