17 Agt 2016

Manajemen Situs OJS

System Jurnal BLH Aceh menyediakan tool untuk pengaturan awal sistem yang akan digunakan, yang ada di dalam Manajemen Situs. Manajemen s... thumbnail 1 summary

System Jurnal BLH Aceh menyediakan tool untuk pengaturan awal sistem yang akan digunakan, yang ada di dalam Manajemen Situs. Manajemen situs ini berfungsi mengatur setting tampilan dasar dari situs Jurnal, seperti halaman depan, bahasa, keamanan web, juga sharing data.Selain itu, mengatur user yang akan menggunakan sistem ini dalam mempublikasikan jurnal.


1. Mengubah Tampilan Homepage

  • Login sebagai Administrator, untuk mengatur situs yang telah kita buat. Login sebagai Administrator dengan memasukkan Username dan Kata Sandi di menu Login, yang telah dibuat pada waktu instalasi OJS.
  • Masuk ke halaman Beranda Pengguna, pilih Administrasi Situs.
  • Beranda Pengguna
  • Di bahagian header situs Anda dapat menampilkan nama situs dengan memasukkan nama tersebut di kolom Nama Situs atau header berupa gambar dengan mengunggah gambar tersebut di kolom Gambar.
  • Bahagian header situs
  • Masukkan kalimat Pendahuluan (jika ada), yang akan ditampilkan di halaman Beranda. Pilih “Jangan Dialihkan” jika situs Anda mendaftarkan multiple jurnal serta masukkan Deskripsi Situs yang nantinya akan tampil di halaman Tentang Kami.
  • kolom memasukkan pendahuluan
  • Masukkan profil Kontak Utama (Manajer Situs/Administrator Situs) berupa Nama dan Email.
  • profil kontak utama
  • Tentukan Panjang minimal Kata Sandi untuk tiap user yang ingin mendaftar.
  • Pilih Style Sheet untuk mengubah tampilan situs (jika ada).
  • Untuk mendaftarkan URL situs Anda ke OJS Metadata Harvester yang memungkinkan pencarian oleh OAI Protocol untuk Metadata Harvesting, Klik link “daftarkan”.
  • Setelah selesai diiisi form tersebut, klik tombol Simpan.

2. Mengubah Bahasa Situs

  • Masih dalam halaman Administrasi Situs, pilih Bahasa.
  • Secara default bahasa utama situs adalah Bahasa Indonesia. Anda dapat menambah bahasa lain yang mendukung dengan menginstalnya terlebih dahulu di Bagian Instal Bahasa, centang Bahasa Dukungan lalu klik tombol Instal.
  • Kini Anda dapat mengganti bahasa default situs menjadi bahasa pendukung yang telah diinstal dengan memilihnya di Bahasa Utama Pada bagian Pengaturan Bahasa, lalu klik tombol Simpan.
  • Merubah bahasa situs OJS

3. Mengubah Sumber Pengesahan

  • Masih dalam halaman Administrasi Situs, pilih Sumber Pengesahan.
  • Secara default sumber pengesahan situs adalah Database OJS, namun Anda dapat mendaftarkan sumber pengesahan baru dengan syarat kata sandi akun baru Anda yang terdaftar di sumber pengesahan lain (selain database OJS) berlaku untuk akun pengguna situs.
  • Untuk membuat sumber pengesahan baru, pilih plugin LDAP, lalu klik tombol Buat
  • Terdapat 3 pilihan pengesahan dalam plugin LDAP, pilih salah satu
  • Atur pengaturan LDAP dan SASL untuk sumber pengesahan ini,kemudian klik tombol Simpan;
  • Pilih Sumber Pengesahan yang akan digunakan lalu klik tombol Simpan.
  • Manajemen Situs OJS
    Sumber pengesahan

4. Melihat Informasi Sistem

  • Masih pada halaman Administrasi Situs, pilih Informasi Sistem.
  • Pilih “Cek untuk update” untuk melihat apakah versi OJS Anda yang terbaru atau tidak. Selain itu Anda dapat melihat versi OJS Anda lengkap dengan tanggal penginstalannya.
  • Pilih “Edit” untuk mengubah pengaturan konfigurasi yang ada pada file config.inc.php. Disarankan Anda tidak melakukan perubahan selain Anda mengerti benar apa yang Anda ubah.
  • Pilih “Informasi Detail PHP” untuk melihat informasi lebih rinci mengenai konfigurasi server PHP Anda.
  • Informasi System OJS

5. Akhiri Sesi Pengguna

  • Untuk mengakhiri seluruh sesi pengguna yang sedang login ke dalam situs, pada halaman Administrasi Situs, pilih Akhiri Sesi Pengguna, lalu klik tombol OK. Secara otomatis, semua pengguna termasuk Anda yang sedang login dalam situs akan dipaksa logout/keluar. Untuk masuk kembali para pengguna dan Anda diwajibkan untuk login terlebih dahulu.
  • Hapus Data Cache dan Template Cache
  • Untuk menghapus data dan template cache, pada halaman Administrasi Situs pilih Hapus Data Cache dan Hapus Template Cache.

6. Gabungkan Para Pengguna

  • Fungsi ini berguna untuk menggabungkan pengguna yang memiliki dua akun yang berbeda. Setelah penggabungan berhasil, pengguna tersebut hanya akan memakai satu akun yaitu akun kedua, sedangkan akun pertamanya akan terhapus secara otomatis.
  • Pada halaman Administrasi Situs pilih Gabungkan Para Pengguna.
  • Pilih Semua Pengguna untuk menampilkan seluruh pengguna situs Anda, Anda juga dapat memilih pengguna berdasarkan peran atau nama mereka, sangat membantu saat situs Anda memiliki banyak pengguna.
  • Centang pengguna yang terpilih, lalu klik tombol Gabungkan Para Pengguna.

7. Hapus Data Cache dan Template Cache 

Untuk menghapus data dan template cache, pada halaman Administrasi Situs pilih Hapus Data Cache dan Hapus Template Cache.
Hapus data cache

8. Pengaturan Akun Administrator

  • Untuk menampilkan semua jurnal yang terdaftar pada situs Anda,Anda dapat memilih Tunjukkan Jurnal Saya pada halaman Beranda Pengguna.
  • Untuk mengganti profil dan kata sandi Anda, Anda dapat memilih Profil Saya atau Ganti Kata Sandi Saya pada halaman Beranda Pengguna.
  • Untuk logout/keluar dari situs, Anda dapat mengklik link Log Out dihalaman Beranda pengguna atau mengklik link Log Out yang ada di navigation bar situs Anda.
  • Pengaturan Akun Administrator

Lihat juga Konfigurasi dan Instalasi Open Jurnal System (OJS)