Bagaimana System Email Internet Bekerja?

E-mail adalah sebuah aplikasi yang digunakan oleh hampir setiap orang yang terhubung ke jaringan komputer atau internet. Aplikasi ini juga dikenal sebagai "killer app" yang menstimulasi permintaan terhadap internet selama bertahun-tahun.

System E-mail Internet menggunakan TCP sebagai layer transpornya dan merupakan aplikasi client/server. Pada LAN biasa, e-mail internet melibatkan tiga langkah terpisah untuk memproses pesan, yaitu:

  1. Client mengirim pesan dengan menggunakan SMTP (Simple Mail Protocol).
  2. Client menerima pesan dari server yang menggunakan POP3 (Post Office Protocol)
  3. Server Anda (server ISP Anda) mengirim dan menerima pesan dari server lain menggunakan SMTP.
SMTP digunakan dimana saja kecuali oleh client yang mengambil e-mailnya dari server (atau ISP)-nya sendiri. Semua e-mail di internet digunakan menggunakan SMTP. Bahkan jika server mail Anda adalah MS Exchange atau Lotus, server tersebut menggunakan SMTP untuk mengirim ke situs remote dan untuk menerima dari situs tersebut.

Protocol E-mail (diagram SMTP dan POP3)
Terdapat server terpisah untuk setiap protokol. Beberapa implementasi menggabungkan dua fungsi tersebut ke dalam aplikasi tunggal untuk kenyamanan, tetapi lebih mudah untuk memahami apa yang terjadi jika tetap memisahkan dua fungsi tersebut. Pada konfigurasi normal, server mendengar pada well-known port yaitu:

Servis SMTP pada Port 25
Servis POP3 pada Port 110

Program aplikasi e-mail pada client seperti Eudora, Outlook atau lain sebagainya terhubung ke server POP dan SMTP dengan menetapkan alamat IP dan Port-nya. Konfigurasi pada client biasanya dapat ditetapkan  alamat IP yang berbeda untuk dua fungsi server, sehingga dapat menggunakan server POP dan SMTP yang digabungkan dalam satu aplikasi, atau pada aplikasi terpisah pada mesin yang sama atau pada mesin yang benar-benar berbeda.

sumber bacaan:
http://pic.dhe.ibm.com
http://blog.teachbook.com.au/
Practical TCP/IP designing, Using and Troubleshooting TCP/IP Networks on Linux and Windows by: Niall Mansfield

Shares


Top