Pengelolaan FIle: Berbagi dan Transfer File Pada LAN

Pengelolaan FIle: Berbagi dan Transfer File Pada LAN
Salah satu tujuan utama LAN adalah untuk menyediakan tempat peyimpanan umum sehingga sejumlah orang dapat mengakses file yang sama. Berbagi file dapat membantu memastikan bahwa hanya ada satu versi file dalam menyedia penyimpanan, dan setiap orang yang bekerja dapat dipastikan bekerja dengan informasi versi mutakhir. Bila tak ingin berbagi file namun kita masih ingin file tersebut dikerjakan orang lain kita masih dapat mentransfer ke orang lain cukup dengan memindahkan file tersebut dari folder Anda ke folder orang tersebut atau dengan mengirimkan pesan email.


Aktivitas berbagi file pada jaringan tidak berarti memberi akses secara otomatis untuk setiap orang pada jaringan atas file tersebut. Di berbagai system operasi jaringan, Anda dapat memasang password ke file, sehingga hanya orang tertentu yang memiliki password yang dapat mengakses. Anda juga dapat menentukan apakah pengguna lain akan memiliki akses penuh atau hanya baca saja (read-only) ke file. direktori atau hard-drive. Kemampuan ini dapat mencegah orang lain membuka pekerjaan Anda atau hanya mencegah orang lain membuka pekerjaan Anda atau hanya mencegah agar mereka tidak dapat mengubahnya.

Berbagi pakai, transfer, dan pengamanan informasi antar komputer pada sebuah jaringan biasa dikenal sebagai pengelolaan file. Kita juga dapat berbagi seluruh drive dab direktori, tidak dibatasi hanya berbagi pakai file secara individual saja.

Seperti halnya pada file individual, Anda dapat membatasi akses ke sarana perangkat yang digunakan bersama (printer, CD-ROM, scanner, tape drive dan sebagainya) dengan password.



Shares


Top