Pengantar TCP/IP

Pengantar TCP/IP
Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) adalah protokol yang dikembangkan sebagai bagian dari penelitian yang dilakukan oleh "Defense Advanced Research Projects Agency" (DARPA). Saat ini, TCP/IP termasuk dalam UNIX Berkeley Software Distribution.

Definisi TCP/IP

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) merupakan sekumpulan protokol kemunikasi data yang bersifat niversal. TCP/IP digunakan untuk menyediakan konektivitas antardua atau lebih perangkat komunikasi jaringan komputer.

Ada beberapa model pengelompokan protokol dalam TCP/IP berbentuk lapisan (layer), antara lain model OSI dengan 7 layer, TCP/IP dengan 5 layer, dan TCP/IP dengan 4 layer. Model jaringan TCP/IP terdiri atas 4 layer adalah Application, Tansport, Internet, dan Network Access, seperti pada diagram berikut ini.

Contoh 4 lapisan TCP/IP

Protokol-protokol TCP/IP

Setiap lapisan dalam model jaringan TCP/IP mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda. Setiap lapisan dapat terdiri atas berbagai jenis protokol komunkasi. Salah satu lapisan yang juga merupakan salah satu komponen dari istilah TCP/IP yaitu IP (Internet Protocol). Protokol ini berda dalam lapisan Internet (lapisan 3: Network). Protokol IP bertanggung jawab bahwa data yang ditransfer tidak mengalami kerusakan saat tiba di tujuan.

Komponen lainnya dalam TCP/IP adalah TCP (Transmission Control Protocol) yaitu protokol yang berada dalam lapisan Transport (lapisan 2). TCP bertanggung jawab dalam proses penyampaian datagram yang berasal dari service-service yang berada pada lapisan di atasnya kepada lapisan IP, dan menyediakan komunikasi yang berorientasi pada koneksi (connection oriented) dan lebih reliabel. Oleh karena itu TCP lebih banyak digunakan oleh berbagai service pada layer di atasnya.

Pada lapisan transport terdapat juga protokol transport selain TCP, yaitu UDP (User Datagram Protocol).
Protokol UDP lebih cepat dari TCP, namun tidak reliabel karena tidak berorientasi pada koneksi.

Protokol-protokol TCP/IP

TCP/IP adalah sebuah model referensi untuk jaringan komputer yang sebenarnya merupakan sekumpulan protokol komunikasi data yang memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing. Dalam setiap lapisan pada model jaringan TCP/IP terdapat beberapa protokol komunikasi sebagaimana berikut:

Lapisan 4; Application Layer, terdapat protokol HTTP, FTP, SMTP, POP3, IMAP, SSH

Lapisan 3; Transport Layer, terdapat protokol TCP, UDP

Lapisan 2; Internet Layer, terdapat protokol IP, ARP, ICMP

Lapisan 3; Network Access Layer terdapat protokol Ethernet, SLIP, PPP

Shares

0 komentar:

Posting Komentar


Top