Cara memindahkan Wordpress dari subdirectory ke root directory

Cara memindahkan Wordpress dari subdirectory ke root directory
Tidak harus memindahkans seluruh file Wordpress untuk menampilkan kontent situs di browser tanpa nama directory di alamat situs. Yang perlu dilakukan hanya memindahkan 1 file kemudian melakukan sedikit modifikasi saja untuk General Setting, lihat tutorial berikut ini:

KELEBIHAN MENGINSTAL WORDPRESS DI SUBDIRECTORY

  • root directory tetap bersih dan rapi sehinga kita dapat menambahkan aplikasi-aplikasi php lain didalamnya.
  • akan menambah satu lagi security layer situs yaitu dengan menyamarkan lokasi file Wordpress 
  • proses development situs secara online akan lebih leluasa dilakukan karena pengunjung situs tidak mengetahui bahwa dibelakang layar situs sedang dikembangkan.

MEMINDAHKAN WORDPRESS DARI SUBDIRECTORY KE ROOT DIRECTORY SITUS

  • Install Wordpress seperti biasa di dalam subdirectory root situs misalnya www/situsku atau public_html/situsku, (bukan di root situs www atau public_html) sebelum anda maju ke proses berikutnya lakukan hal-hal berikut (Jangan baca artikel ini lebih lanjut sebelum anda membaca hal-hal berikut ini)
  1. bersihakn semua cache page dengan CHACING PLUGIN Anda dan nonaktifkan CACHING PLUGIN tersebut, de-aktifkan juga semua broken link dengan Broken Link Checker dan beberapa Redirection plugin
  2. hapus semua folder yang memiliki nama sama dengan folder-folder wordpress 
  3. hapus semua file-file situs lama yang ada dalam folder root situs. 
  4. backup file database bisa dilakukan dengan http://wordpress.org/plugins/wp-db-backup
  5. pastikan Anda mempunyai akses ke database via PHPMyAdmin (user name dan pasword dapat dilihat pada file wp-config.php)
  • Setelah melakukan proses diatas selesai dengan sempurna, login ke Dashboard Wordpress. Kemudian pilih tab General -> Settings, set alamat URL Wordpress anda ke subdirectory dimana Situs Wordpress Anda diinstall (tanpa slash). 
  • Berikutnya download file inde.php yang ada dalam folder aplikasi Wordpress (gunakan aplikasi FTP atau File Manager pada cpanel) kemudian upload kembali ke folder root sitrus anda (www atau public_html).
  • Edit file index.php yang baru saja pindahkan ke root folder situs kemudian rubah lokasi file wp-blog-header.php untuk memberitahu wordpress dimana file tersebut dapat diakses:
<?php require('./wp-blog-header.php'); ?>
menjadi
<?php require('./situsku/wp-blog-header.php'); ?>

  • Kemudian buka browser coba akses situs dengan mengetikkan alamat URL situs Anda (tanpa menggunakan slash subdirectory) untuk memastikan bahwa kontent situs ditampilkan dengan benar. Namun jika tidak mungkin Anda perlu mengupdate Permalink, Settings - > Permalinks dan kliks Save Changes Jika situs anda masih juga belum bisa diakses coba pindahkan file .htaccess dari subdirectory wordpress ke directory root situs (public_html atau www). Hal ini tidak berlaku untuk semua web host. Pastikan bahwa permalinks diupdate setelah .htaccess dipindahkan.

ingat bahwa halaman login Anda masih menggunakan http://alamatsitus.com/situsku/wp-login.php

Kini setiap pengunjung situs akan melihat seluruh halaman dan artikel situs wordpress anda seperti diinstal di root situs (public_html atau www), dan dibelakang layar situs wordpress anda tersimpan rapi dalam suatu folder khusus.

Shares

0 komentar:

Posting Komentar


Top