Yang Perlu Dihapus Setelah Instalasi Wordpress

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah proses instalasi wordpress selesai. Salah satunya adalah menghapus fitur-fitur yang tidak dibutuhkan yang merupakan bawaan dari wordpress.

Saya akan coba memaparkan fitur-fitur tersebut berikut ini:
  • Post "Hello World!"

Ada teman-teman yang tidak menghapus postingan ini, mereka lebih memilih mengedit post ini untuk dijadikan postingan pertama dari sejumlah artikel-artikel mereka. Hemat saya artikel "Hello World!" ini sebaiknya dihapus saja kemudian buat artikel baru dari awal. Lebih bagus lagi kalau artikel ini dihapus secara permanent untuk menghemat space hardisk.
  • "Sample Page."

Sama seperti "Hello World!" dihapus saja.
  • Kategori bawaan "uncategorized"

Sepertinya kategori ini tidak diizinkan untuk dihapus. Dari itu sebaiknya namanya diganti saja disesuaikan dengan kebutuhan konten situs.
  • "Hello Dolly."

Fitur ini adalah sisa-sisa dari hari-hari awal wordpress di buat. Plugin ini berfungsi menyisipkan lirik dari lagu "Hello Dolly" secara acak ke situs. Pertanyaannya, apakah kita butuh fitur ini? Jawabannya pasti tidak bukan? Jika Anda termasuk salah satu penggemar musikal broadway diehard tahun 1960'an silahkan simpan fitur ini.
  • Plugin Askimet

Jika situs teman-teman bukan suatu situs blog yang butuh kepada komentar-komentar untuk setiap artikel, sebaiknya hapus saja plugin anti-spam ini. Tapi jika situsnya merupakan blog dan butuh komentar-komentar di setiap artikel mungkin plugin ini dibutuhkan. Namun perlu dicermati  jika situs Anda merupakan situs komersial, pemilik plugin ini akan meminta bayaran dari situs anda suatu saat kelak. Atau silakan anda mencari plugin anti-spam gratis lainnya di internet.
  • Themes

Secara default template terbaru bawaan wordpress akan ikut diinstall kedalam situs anda. Terserah apakah mau menggunakan template ini atau tidak. Namun jika tidak sebaiknya semua template yang tidak digunakan diapus saja demi keamanan situs dan tentunya menghemat space di hardisk.

Satu catatan akhir bahwa kebanyakan perusahaan web host menyediakan fitur one-click install untuk menginstall wordpress. Namun kadang-kadang ada fitur-fitur (plugin dan tema) yang tidak dibutuhakn akan ikut terinstall juga ke dalam situs. Sebaiknya diperhatikan benar-benar ketika proses instalasi dilakukan, buang semua plugin atau tema yang tidak dibutuhkan demi meningkatkan kinerja situs wordpress itu sendiri

Lihat juga Cara memindahkan Wordpress dari subdirectory ke root directory

 

Shares

1 komentar

  1. mantap informasinya gan,,
    kunjunganya gan : http://sangkaicity.blogspot.co.id/

    BalasHapus


Top