Cara Membangun Intranet Dengan Wordpress

Intranet berbeda dengan Internet, intranet tidak dapat diakses melalui jaringan umum misalnya warnet. Intramet bisa diakses melalui VPN (Virtual Private Network) dengan menggunakan username dan password yang disediakan.

Setiap perusahaan tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda. Kadang Intranet hanya perlu  sebagai situs referensi saja seperti untuk kebutuhan-kebutuhan informasi dan operasional. Sebagian perusahaan menggunakannya untuk kolaborasi penting lainnya yang real-time.

Fungsi utama intranet sebenarnya adalah sebagai media komunikasi antara stakeholder dalam sebuah perusahaan, bisa karyawan dengan karyawan, manajer dengan karyawan, direktur dengan manajer, dan sebagainya. Intranet menyediakan aplikasi yang memungkinkan kita berkomunikasi secara dua arah seperti : layanan chatting, e-mail, bulletin boards, newsgroups, dan masih banyak lagi. Dengan hal tersebut diharapkan komunikasi akan berjalan dengan baik sehingga bisa terjalin kerjasama tim yang baik pula.

Wordpress memiliki begitu banyak template dan plugin yang dapat digunakan sebagai perangkat untuk membangun Intranet.

Untuk Anda yang sedang mencari solusi membangun intranet untuk perusahaan dengan jumlah 5 sampai dengan 500 karyawan dengan biaya yang murah, mungkin metoda membangun intranet berbasis Wordpress berikut patut untuk dicoba.

Sebelumnya mari mulai dengan memeriksa fungsi-fungsi dasar yang paling dibutuhkan pada sebuah Intranet.
  • Company directory
  • A Knowledge Base atau Wiki memungkinakan karyawan membuat artikel dengan beragam topik, kategori, posting artikel untuk berbagi pengetahuan. Utuk perusahaan kelas menengh ke atas mungkin di atur oleh departement terkait.
  • Forms,  form forms–HR, peninjauan kinerja karyawan, expense reports, dan lain-lain.
  • Kalendar Perusahaan (cocok untuk perencanaan hari libur, agenda perusahaan dan lain-lain.)
Dan beberapa pertimbangan lain sebagai tambahan:
  • Project Management / time tracking
  • Collaboration tools, ruang kerja online
  • Social networking dan interaksi sesama member
  • CRM (Customer Relationship Management)

BuddyPress


BuddyPress adalah plugin Wordpress yang dapat mengubah website berbasis WordPress Anda menjadi situs web CMS yang penuh dengan fitur untuk media jaringan sosial (Social Network). Sama seperti WordPress itu sendiri, BuddyPress merupakan salah satu produk open source dan bebas untuk digunakan sehingga dapat menghemat biaya perusahaan.

BuddyPress sendiri memiliki sejumlah plugin yang berguna untuk memperluas fungsi-fungsi utama dari Buddypress itu sendiri.
Diantaranya ada beberapa plugin yang berguna untuk aplikasi Intranet yang perlu dipertimbangkan:
  • BuddyPress Docs - Berguna untuk menambahkan manajemen dokumen yang kolaboratif untuk BuddyPress.
  • BuddyPress Wiki Component - Memungkinkan pengguna untuk membuat dan berkontribusi berbasis Wiki.
  • Events Calendar - System manajemen kalender dan manajemen agenda yang handal, terintegrasi dengan BuddyPress
  • Portfolio - Sebuah plugin tambahan yang perlu dipertimbangkan, plugin ini memungkinkan karyawan untuk mengirim gambar dan informasi tentang proyek-proyek yang mereka kerjakan.
Events Calendar Untuk BuddyPress

Pertimbangan yang Potensial untuk BuddyPress:

  1. Sebuah Intranet yang baik ialah terfokus pada kebutuhan khusus dari karyawannya. Dalam beberapa kasus jika terlalu banyak menambahkan fitur-fitur pada system para pengguna sulit melihat kegunaan dari intranet yang Anda bangun, akibatnya orang akan jarang berinteraksi dengan system dan sumberdayanya, bahkan dengan hal-hal yang paling bermanfaat dari system intranet itu.
  2. Sulit untuk dikustomisasi. Pengalaman Saya pribadi BuddyPress  sulit utnuk dikustomisasi terutama yang menyangkut dengan pemilihan Template yang cocok untuk dikembangkan (Custom), kecuali jika kita membeli Template Premium yang khusus dirancang untuk BuddyPress. Jika saya salah silahkan beri komentar di bawah.
  3. Sulit untuk disesuaikan dengan plugin-plugin lain selain plugin yang khusus untuk dibuat untuk terintegrasi dengan BuddyPress. Jika Anda nekat menggunakan plugin lainnya yang berkaitan dengan kebutuhan Intranet mungkin Anda harus ekstra hati-hati dalam hal bagaimana cara mensetup dan mengkonfigurasinya sehingga pengguna yang memanfaatkan system intranet Anda akan merasa nyaman.

Jika Anda memilih BuddyPress untuk membangun system intranet, sangat disarankan untuk menggunakan template yang profesional (premium theme) yang telah dioptimalkan penggunaanya dan terintegrasi dengan baik pada BuddyPress. Dengan demikian Anda akan memproleh widget-widget yang telah diformat dengan baik, halaman profil, dll.

Lihat juga Cara Meningkatkan Keamanan Situs Wordpress dengan Single Sign On

Shares


Top